A.
Pengertian
Motivasi Menurut Para Ahli
1. Motivasi adalah suatu perubahan energi
dalam diri (pribadi) seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan
reaksi untuk mencapai tujuan. (Mr. Donald : 1950).
2. Motivasi adalah suatu proses untuk
menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan / tingkah laku untuk memenuhi
kebutuhan dan mencapai tujuan / keadaan dan kesiapan dalam diri individu yang
mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan. (Drs.
Moh. Uzer Usman : 2000)
3. Motivasi adalah kekuatan tersembunyi
di dalam diri kita yang mendorong kita untuk berkelakuan dan bertindak dengan
cara yang khas (Davies, Ivor K : 1986)
4. Motivasi adalah usaha – usaha untuk
menyediakan kondisi – kondisi sehingga anak itu mau melakukan sesuatu (Prof.
Drs. Nasution : 1995)
5. Robbins dan Judge (2007)
mendefinisikan motivasi sebagai proses yang menjelaskan intensitas, arah dan
ketekunan usaha untuk mencapai suatu tujuan.
B.
Pengertian Kepemimpinan, Komunikasi, Hambatan, dan
Klasifikasi.
B1. Kepemimpinan.
Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi
contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam
upaya mencapai tujuan organisasi. Cara alamiah mempelajari
kepemimpinan adalah "melakukannya dalam kerja" dengan praktik seperti
pemagangan pada seorang seniman ahli, pengrajin, atau praktisi. Dalam
hubungan ini sang ahli diharapkan sebagai bagian dari peranya memberikan
pengajaran/instruksi.
B2.
Komunikasi, Hambatan dan Klasifikasi.
Komunikasi
adalah Suatu proses
penyampaian pesan atau informasi dari suatu pihak ke pihak yang lain dengan
tujuan tercapai persepsi atau pengertian yang sama.
Hambatan
adalah Suatu hal yang
dapat mengganggu jalannya sebuah organisasi dan mengganggu atau menghambat
sebuah alur dalam organisasi dan dapat menimbulkan masalah jika hambatan ini
tidak segera diatasi.
Klasifikasi
adalah Pembagian
sebuah bagian atau data, untuk mempermudah dalam pencarian atau
kebutuhan-kebutuhan lainnya.
C.
Faktor
yang Mempengaruhi Organisasi Berkembang.
Faktor
eksternal
- Kompetisi yang semakin tajam antar
organisasi.
- Perkembangan IPTEK.
- Perubahan lingkungan baik lingkungan
fisik maupun sosial yang membuat organisasi berfikir bagaimana mendapatkan
sumber diluar organisasi untuk masa depan organisasi.
Kekuatan
internal
- Struktur.
- Sistem dan prosedur.
- Perlengkapan dan fasilitas.
- Proses dan sasaran.
- Bila tidak cocok akan membuat organisasi melakukan perbaikan. Perubahan organisasi dilakukan untuk mencocokkan dengan kebutuhan yang ada.
- Sistem dan prosedur.
- Perlengkapan dan fasilitas.
- Proses dan sasaran.
- Bila tidak cocok akan membuat organisasi melakukan perbaikan. Perubahan organisasi dilakukan untuk mencocokkan dengan kebutuhan yang ada.